Senin, 23 Mei 2011

PENGGUNAAN NARKOBA DIKALANGAN REMAJA

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dimasa modern sekarang ini peredaran NARKOBA sudah tidak bisa ditolelir, tidak memandang lingkungan dan usia. Banyak anak-anak yang masih memerlukan bimbingan dalam proses peralihan menuju kedewasaan, terserang atau tergoda oleh NARKOBA. NARKOBA sungguh-sungguh telah merusak anak-anak khususnya para remaja yang masih duduk di bangku sekolah, padahal telah diadakan penyuluhan-penyuluhan beberapa kali di sekolah-sekolah tapi NARKOBA tetap merasuki pikiran para pelajar yang masa depannya masih dipertanyakan. Masa depan yang seharusnya menjadi tujuan atau akhir dari perjuangan para pelajar dimasa-masa sekolah kini dipertanyakan statusnya. Jika NARKOBA terus berkembang dan menggoda para pelajar agar mengalihkan pandangannya pada NARKOBA, maka para pelajar yang akan menjadi penerus bangsa akan kandas di tengah jalan.

1.2 Tujuan Penelitian

1) Untuk mengetahui bahaya NARKOBA serta jenis-jenisnya.

2) Untuk mengetahui tingkat pengetahuan para remaja atau pelajar tentang NARKOBA.

3) Untuk mengetahui penyebab para remaja atau pelajar menggunakan NARKOBA.

1.3 Rumusan Masalah

1) Apa sesungguhnya NARKOBA itu?

2) Apa dampak yang diakibatkan oleh NARKOBA kepada para pelajar atau remaja?

3) Mengapa para remaja atau pelajar tersebut menggunakan NARKOBA?

1.4 Metode Penelitian

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membagikan atau menyebarkan angket kepada para pengguna atau pemakai NARKOBA yang masih berusia remaja.

1.5 Manfaat Penelitian

Manafaat karya tulis ini yaitu kita khususnya para remaja yang masih duduk di bangku sekolah dapat lebih memahami dan sadar akan bahaya NARKOBA.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Narkoba

NARKOBA adalah zat atau obat yang berasal dan tanaman atau bunga tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan perubahan kesadaran, hilangnya rasa, sampai menghilangkan rasa nyeri dan at menimbulakan ketergantungan serta kecanduan.

2.2 Jenis-Jenis Narkoba yang Sering Disalahgnnakan

1. Opioda

Yaitu nama segolongan zat alamiah, semi sintetik maupun sintetik yang diambil dari bagian pohon POPPY, pertama kali ditemukan di Asia Kecil, digunakan untuk pengobatan oleh bangsa Mesir, kemudian akhirnya menyebar ke Yunani. Selain digunkan sebagai obat, Opioda juga digunkan sebagai alat untuk menimbulkan rasa senang. Yang termasuk Opioda adalah:

1) Opiat/Oipium

2) Morfin

3) Heroin

4) Kodein

5) Opiat Sintetik

2. Kokain

Kokain merupakan zat yang sangat kuat berupa bubuk Kristal putih yang disuling dari daun Coca (Erythoroxylan Coca) yang tumbuh di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sedangkan Kokain Freebase adalah kokain yang diproses untuk menghilangkan kemurnian dan campurannya sehingga dihisap berbentuk kepingan kecil (rocks/batu) sebesar kismis. Salah satu kokain yang popular adalah Crac.

3. Kanabis/Maniyuanal Ganja

Kanabis berasal dan tanaman dengan nama Cannabis Satifa dan Cannabis Indica yaitu sejenis tanaman perdu yang biasanya digunakan sebagai obat relaksasi untuk mengatasi intoksidasi ringan. Seseorang yang baru saja menggunakan Kanabis sering kali memeperlihatkan tanda-tanda mabuk dengan mata merah dan bola mata membesar.

4. Sedativa

Sedativa atau sedative-hipotonik merupakan zat yang dapat mengurangi berfungsinya sistem saraf pusat.

5. Ekstasi

Ekstasi dikenal dalam dunia pengobatan sebagai Methydioxy Methampetamin dengan nama populemya MDMA. Ekstasi obat sintesis yang dikembangkan oleh perusahaan ERNTS MERK di Jerman pada tahun 1914.

Pada waktu itu Ekstasi digunakan untuk meningkatkan daya tahan prajurit di Amerika digunakan pengobatan pasien yang sudah parah.

6. Shabu-shabu

Shabu-shabu merupakan komoditas baru yang sedang laris. Zat ini mempunyai nama kimia Methamfetamine yang mempunyai kesamaan sifat dengan Ekstasi yang sama-sama tergolong dalam zat psikotropika stimulasia otak yang dapat menyebabkan ketergantungan.

Segementasi pasar dan shabu-shabu adalah para eksekutif, professional dan kaum selebritis. Zat ini menyebabkan lepasnya neurotransmitter dopamine dan ujung-ujung saraf ke bagian otak yang mengatur perasaan kenikmatan penghentian termasuk persaan kesal, tertekan, tegang, gelisah, sulit berkonsentrasi, lapar, pusing, serta dapat menyebabkan kecanduan.

Beberapa kasus menunjukkan dampak desturktif shabu-shabu yaitu menyebabkan orang menjadi ganas, agiatif serta meningkatkan kepercayaan diri yang tinggi berbuntut tingkah laku yang brutal.

BAB III

PROSES PENELITIAN

Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada para remaja di Serang. Pengisian dilakukan dengan cara para responden menuliskan jawaban-jawaban sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan di atas lembar angket yang telah diberikan. Responden yang terpilih adalah responden yang memenuhi syarat, antara lain berada di Serang, pelajar SMP/SMA atau yang telah berumur 14-19 tahun dan menggunakan atau memakai NARKOBA. Penyebaran angket merata, meliputi berbagai lapisan remaja yang memakai NARKOBA , yaitu : pelajar SMP, pelajar SMA, pelajar SMK dan remaja putus sekolah.

3.1 Lokasi Penelitian

Pengambilan lokasi responden dilakukan di beberapa tempat yang di prediksi banyak memakai NARKOBA seperti di Jl. Letnan Jidun, Kepandean, Serang.

3.2 Cara Meuganalisis Data

Analisis data dilakukan dengan cara menganalisa jawaban-jawaban yang telah diberikan responden yang tercantum pada angket. Dari hasil yang diperoleh dirangkum beberapa kesimpulan tentang pengaruh NARKOBA di kalangan para remaja Serang.

BAB IV

HASIL PENELITIAN

4.1 Angket

Angket ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum dan terbuka. Angket ditunjukan untuk mengetahui secara umum gambaran tentang NARKOBA dimata para remaja.

No

Penyebab Menggunakan Narkoba

Jumlah Responden

Persentase

1

Pergaulan

28

75%

2

Stress

9

25%

No

Pengetahuan Tentang Narkoba

Jumlah Responden

Persentase

1

Tahu

34

91%

2

Tidak Tahu

3

9%

No

Dampak Terhadap Sekolah

Jumlah Responden

Persentase

1

Ada

25

67%

2

Tidak Ada

12

33%

BABV

PEMBAHASAN

5.1 Hasil Angket

Dari jawaban-jawaban para responden yang tertuang di dalam angket didapatkan hasil sebagai berikut :

1. Dimata para remaja NARKOBA adalah zat yang berbahaya untuk dikonsumsi dan disalahgunakan. Tetapi, mereka menganggap bahwa hanya NARKOBA yang bisa memberikan ketenangan kepada mereka dikala mereka mempunyai masalah atau stress.

2. Dampak yang diakibatkan kepada para remaja pengguna NARKOBA khususnya terhadap sekolah mereka menjadi terbengkalai dan mereka menjadi putus sekolah. Namun, tetap ada beberapa remaja yang tidak memikirkan pengaruh NARKOBA terhadap sekolahnya.

3. Penyebab para remaja-remaja di Kota Serang memakai NARKOBA adalah sebagai berikut:

Ø 75% mengatakan karena pergaulan yang mengharuskan mereka memakai NARKOBA.

Ø 25% mengatakan karna ingin menenangkan diri dari banyaknya masalah atau stress.

BAB VI

KESIMPULAN DAN SARAN

6.1 Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut:

1. Kesadaran mereka akan bahaya NARKOBA masih kurang dan mereka salah mengartikan bahwa NARKOBA itu adalah jalan satu-satunya untuk mendapatkan pergaulan yang lebih layak dan mengatasi masalah.

2. Secara umum, remaja yang memakai NARKOBA di kota serang Serang telah rusak masa depannya karena telah tergoda oleh NARKOBA.

3. Dari hasil penelitian yang diperoleh, penyebab mereka memakai

NARKOBA adalah sebagai berikut :

Ø Karena pergaulan bebas di kalangan remaja.

Ø Karena terjerat banyak masalah dan stress.

6.2 Saran

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan:

1. Agar lebih sering dilakukan penyuluhan-penyuluhan tentang NARKOBA dan pengaruh yang ditimbulkannya di kalangan para remaja khususnya yang duduk di bangku sekolah.

2. Hendaknya aparat yang berwajib yang terkait masalah ini lebih giat lagi dalam memberantas NARKOBA.

3. Hendaknya sekolah-sekolah lebih sering melakukan razia kepada para murid-muridnya agar para remaja tidak ada yang menyebarkan NARKOBA di sekolah-sekolah.

4. Hendaknya para orangtua lebih mengenal dan mengawasi anak-anaknya agar tidak terjerumus NARKOBA.

DAFTAR PUSTAKA

Ain Tanjung, Mastar. 2003. Narkoba Sumber Bencana Musuh Bangsa. Anti Narkoba Sumatera Utara : Lembaga Terpadu Pemasyarakatan Anti Narkoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar